Harvest Moon


UPDATE KE SINI  (AGUSTUS 2013)

Siapa yang ga kenal harvest moon?? Angkat tangan!! dan enyahlah dari sini!!

Game yang menarik dan membuktikan bahwa tidak semua game itu penuh kekerasan, darah, air mata, dan pornografi.
Game keluaran Natsume ini bisa dimainkan di

DS Harvest Moon DS
Harvest Moon DS Cute
Harvest Moon DS: Island of Happiness
Harvest Moon DS: Sunshine Islands
Harvest Moon: Frantic Farming
Puzzle de Harvest Moon
Rune Factory 2: A Fantasy Harvest Moon
Rune Factory: A Fantasy Harvest Moon
GB Harvest Moon GB
GBA Harvest Moon: Friends of Mineral Town
Harvest Moon: More Friends of Mineral Town
GBC Harvest Moon 2 GBC
Harvest Moon 3 GBC
Harvest Moon GBC
GC Harvest Moon: A Wonderful Life
Harvest Moon: Another Wonderful Life
Harvest Moon: Magical Melody
Harvest Moon: Poem of Happiness
IP Harvest Moon: Frantic Farming
N64 Harvest Moon 64
PS Bokujou Monogatari Harvest Moon for Girls
Harvest Moon: Back To Nature
PS2 Harvest Moon: A Wonderful Life Special Edition
Harvest Moon: Save the Homeland
Innocent Life: A Futuristic Harvest Moon (Special Edition)
PSP Harvest Moon: Boy & Girl
Harvest Moon: Sugartown
Innocent Life: A Futuristic Harvest Moon
WII Harvest Moon: Animal Parade
Harvest Moon: Magical Melody
Harvest Moon: My Little Shop
Harvest Moon: Tree of Tranquility

Dari kesemuanya, BTN-lah yang the best, roleplay nya sama kayak GBA, tapi yang membedakan, kualitas suara. jelas! Musik yang di PSX benar-benar menenangkan dan bikin betah berlama-lama. Selain itu, sfx nya juga lucu. Selain suara, point of view nya juga berbeda dari versi GBA, gimana menjelaskannya ya? Susah eh.

Langsung aja, di sini yang aku pengen bahas adalah Harvest Moon 2 Gbc, bisa dimainkan di hape java (meski layar 128×160, tapi tetep bisa kok), bisa di download di halaman sebelah (secara harfiah)

Maaf ya ga ada snapshotnya soalnya aku malessss

Kenapa yang 2, bukan yang 1 atau 3?? Karena harvest moon 1 tidak memungkinkan kita mengekplorasi kota, dan tiap akhir tahun arwah sang kakek (sereem,..) datang buat melihat progres kita. Hasilnya, kita tidak bisa enjoy dalam memainkan game karena dituntun target. Di HM 2, akhir tahun ketigalah yang menentukan. Jadi bisa happy dan fun dalam bermain.
Kalau Harvestmoon 3, kita akan direpotkan dengan ternak yang telah dibedakan gendernya. Yang jantan tidak memproduksi, tapi tanpa jantan yang betina juga tidak bisa memproduksi, nah lo! Selain itu, tiap hari kita harus menelpon perkumpulan petani supaya mengambil stok hasil kebun/ternak kita. Padahal di versi yang lain ga harus begitu. Harvest moon 3 juga tidak ada tombol pengganti peralatan, hasilnya kita harus ke menu – tools buat mengganti peralatan. Kalau begitu, ga usah banyak cingcong. Cekedot!

Di sini kita ingin menyelamatkan sebuah areal peternakan + perkebunan yang mau digubah menjadi taman bermain lantaran kota teramat miskin. Tapi kamu menolak, dan berjanji, dalam kurun 3 tahun mampu membuat areal itu produktif. Dan dimulailah permainan ini.

Permainan dimulai dengan memilih gender, nama, hari ulang tahun, dan bintang peliharaan. Di dalam game ini, kita di manjakan dengan sepetak ladang, kandang ayam dan sapi (di kemudian ada kandang sheep), pemandian air panas, kota dengan 9 bangunan, dan alun-alun kota. Selain itu juga bisa merasakan 4 musim, memanen, memancing, memerah susu dan lain lain. Sayangnya di versi gbc ini, kita tidak bisa menikah 😦 (sekuel nya Harvest moon 3, kita bertemu Sara, dan married) dan juga memiliki ayam/sapi/sheep super, yang mampu memproduksi telur/susu/wool emas. Tapi, ada trik supaya kita terhindar dari badai yang menyebalkan.

Well, jika kalian mencari walkthrough atau cheat, cepat2lah pergi dari sini, karena gamer sejati tak akan curang dan tentunya berjiwa curious.

Buat pemula, ada sedikit tips dan trik, sehingga tidak putus asa dalam memainkan game ini dan cepat beradaptasi. Trik dan tips ini hanya untuk kurun 1 tahun pertama. Untuk 2 tahun selanjutnya, kupikir kalian harus mengerjakan sendiri. Lagian apa menariknya kalau bermain yang sudah jelas gimana akhirnya. Just enjoy it!

Tips dan trik.

a. Gender cowok dan cewek tidak terlalu bepengaruh, modal awal untuk cewek 1000gold, dan cowok 500gold. Di jam ada 1000gold.

b. Peliharaan hanya boleh satu, anjing atau kucing. Keduanya ga perlu diberi makan dan tahan hujan. Anjing mampu menjaga ternak, kucing akan memberi kamu benih (muncul tiba-tiba di tool box mu). Di awal musim gugur, wali kota memberimu kuda, yang akan dewasa di musim semi. Belilah sadel di tempat Bill dan Will sehingga kamu bisa menaiki kuda itu.

c. Power berry, adalah buah apel berwarna emas. Ada 10buah, ditandai dengan bunga dalam secret garden. Cara mendapatkannya dengan mencangkul tanah.

d. Peralatan super. Cara cepat mendapatkan peralatan super.

d.a. Cangkul super. Lupakan tentang menanam benih pada hari-hari pertama. Fokus ke belakang kandang sapi. Bersihkan bekas pohon dengan mengkapaknya 6 kali dan batu besar dengan palu 6 kali. JANGAN GUNAKAN SABIT! ambil dengan tangan kosong untuk semak-semak. Mulailah mencangkul. Jika kelelahan, pergi ke puncak gunung dan berendam 4 kali, lakukan dengan cepat untuk menghemat waktu, karena kemujarabannya bukan dari seberapa lama kita berendam. masuk-naik-masuk-naik-masuk-naik-masuk-naik dan kembali mencangkul. Jangan lupa, ketika kembali dari gunung, ambil buah berry untuk di jual. Jika kamu mendapat 2 buah power berry, beralihlah ke belakang kandang ayam, dan dapatkan 2 power berry dengan cara yang sama. Setelah power berry ke empat, mendadak cangkul mu rusak. Pergi ke kota dan menuju black smith (bangunan ke 6). Pilih talk, dan si kembar Bill-Will akan memperbaikinya. Kembali ke sana 3 hari kemudian. Pilih talk, dan TARAAA! Super hoe. Sekali cangkul, REGEDHEK, 6 kotak ke depan tercangkul.

d.b sabit super
Ada 2 cara mendapatkannya,
d.b.1 Saat ulang tahunmu, salah satu dari Bill-Will akan datang untuk mengucapkan happy birthday, dan memberimu pilihan, super hoe dan super sickle. Jadi, bijaklah memilih tanggal lahir di awal bulan spring.
d.a.2 salah satu si kembar akan datang di suatu pagi, mengabarkan saudaranya sakit. Otomatis kamu akan berada di rumah sakit. Ternyata dokter butuh sebuah batu. Pergilah ke gunung (batunya ga ada). Kemudian kembali ke blacksmith. Sabit mu akan di perbaiki.

d.c kapak super
Setiap hari kamu harus berbicara pada penjual benih dan bunga. Kalau hari minggu, petiklah buah di gunung lalu berikan ke daisy. Dia berada di town square, berambut ungu-pink. Kira-kira kamis minggu ketiga, Daisy telah menjadi sahabatmu. Dan jika kamu Ultah yang datang adalah Daisy dengan 10 benih asparagus alih-alih si kembar yang meng-upgrade equipment mu. Jadi jika kamu mengincar super sickle secepatnya, tanggal 2 bicara pada blacksmith (si kembar Bill-Will) saja, baru tanggal 3 kamu rutin tiap hari bicara dengan Daisy dan Bill-Will. Kalau sudah lewat ultah, cukup Daisy saja, karena peran si kembar telah selesai, tapi kalau mau menjadi warga yang baik, dilanjutkan juga bagus kok.
d.d palu super.
Perbesar rumahmu dengan meminta bantuan ken si carpenter. Dan ketika rumahmu besar, temui Ken, dan pilih talk.

e. Setelah sesi cangkul super selesai, belilah fishing rod. Mulai memancing. Lakukan setiap hari.

f. Pra-ternak
Tanamlah rumput dibelakang kandang sapi/ayam. Sebanyak mungkin. Gunakan sabit untuk rumput yang menua. Maka fodder mu akan bertambah. Chet (penjual hewan) tidak akan menjual ternaknya kalau dirasa rumputnya kurang.

g. Ayam berharga 1000gold. Tiap hari menghasilkan telur. Telur dijual 50gold.

h. Lebih baik menetaskan telur dari pada membeli. Untuk menetaskan, taruh telur di inkubator (pojok kanan bawah). 7 hari telur akan menetas menjadi anak ayam. Anak ayam tidak perlu diberi makan(jika ayam mu 2, dan anak ayam 1, cukup 2 fodder yang ditaruh di tempat makan, mau empat juga tak mengapa. Cuman, boros). 7 hari lagi kemudian, si anak ayam telah berubah jadi Hen, dan siap bertelur.

i. Sapi seharga 5000gold. Dan jauh lebih menguntungkan daripada ayam. Butuh 3 minggu bagi sapi yang baru dibeli untuk mulai menghasilkan susu. Beli pemerah di blacksmith. Ajak bicara dan sikatlah sapi-sapi tiap hari. Lakukan hingga minimal hati 8.

j. 15 fall, kamu harus memiliki sapi yang memproduksi susu. Berusahalah memprioritaskan sapi dari pada ayam. Jamur di gunung saat musim gugur lebih mahal.

k. Jangan sekalipun lupa memberi makan ternak. Karena mereka akan grumpy 3 hari yang berarti berhenti berproduksi.

l. Mulailah bercocok tanam setelah mendapat sprinkler. Sprinkler dijual di blacksmith setelah kamu menjual 100 benda. Kalau kamu memancing, ga sampai seminggu sudah mencapai 100 kok.

m. Jangan menanam benih secara serempak. Kecuali jenis yang berbeda. Karena kamu akan kehabisan waktu untuk memanen. Misal, tanggal 12 menanam turnip 2 tabur, mau ditambah Asparagus 2 tabur, tak masalah. Karena mereka berbeda waktu panennya. Hari berikutnya tanam lagi turnip 2 tabur. Jadi panennya ga serempak. Kamu akan kewalahan kalau panennya serempak, selain itu juga tak efisien.

n. Sirami tanaman tiap hari. Perhatikan cara menabur benih. Kurasa pengalaman akan lebih mengajari kalian memilih pola tabur benih yang sesuai. Jangan menanam di tanggal tua, sia-sia kalau tidak panen. Selalu sisakan beberapa kantung benih di tiap musim. Supaya tahun depan, kalau toh tanggal 1 toko tutup (karena festival atau hari minggu) kamu tetap bisa mulai bertanam.

o. Musim panas, tanamlah melon minimal 20 dan harus panen serempak. Jangan di pas dua puluh. Tanam lebih banyak, karena badai akan menerbangkan beberapa tanaman. Saat siap panen, biarkan begitu satu hari (dan ramalan cuaca ke esokan harinya cerah). Kamu akan mendapat kejutan.

p. Jangan menanam rumput di area kebun tempat bercocok tanam. Karena rumput permanen (kecuali terkena badai)

q. Musim gugur mulailah menyiangi rumput. Karena musim dingin rumput akan membeku (tidak ada storan fodder) dan tanggal 1 spring rumput2 itu kembali seperti baru saja di tabur. Jika sampai kehabisan, Chet menjual fodder kok.

r. Kamu bisa menaruh ternak di halaman belakang selama sehari semalam dan seterusnya tanpa perlu memberi makan. Berdiri di halaman belakang, lalu gunakan peluit(ayam), horn(sheep), dan bell (sapi), untuk mengembalikan ke dalam gunakan item itu ketika kamu di dalam kandang. Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pastikan ada rumput yang belum disabit (rumput tua). Anjing ditaruh di luar rumah, jika kamu memilih kucing, lupakan hal ini. Cuaca besok harus cerah. Sedetik saja mereka kehujanan, grumpy!!

s. Setelah kamu punya 4 sapi berhati 8 keatas. Blacksmith akan menjual pembuat keju dan mentega. Keduanya sama, dan berharga 30.000gold. Fungsinya juga sama, keju dan mentega seharga 300g. 300g x 4 = 1200g. Bandingkan dengan ayam, yang tiap telurnya 50g!!! (Tahun pertama, pernah 1 hari mendapat 5200g, rata2 per hari 3300g, itu di musim dingin setelah membeli cheese maker ditambah hasil memancing hingga 4 p.m.)

t. Lebih baik membeli sapi daripada C.M potion.

u. Setelah kuda bersadel, lemparkan barang dagangan ke kuda, sama dengan melemparkannya ke bin.

v. Buatlah ruang sempit dan tertutup di tepi sungai dengan membatasi dengan batu atau kayu (diambil di penyimpan kayu). Pastikan kuda di dalam beserta kamu. Dan mulailah memancing.

w. dibelakang pemandian ada jalan pintas.

x. Cuaca dan waktu mempengaruhi jenis serangga. Serangga hanya ada di spring dan summer.

y. Utamakan memancing daripada menyirami. Setelah pukul 4 p.m. mulailah menyirami. Sayang waktu yang terbuang.

z. Belilah makanan di restoran (gedung ke 8), usahakan jangan sampai habis.

Ya, segini dulu. Sheep dan rumah kaca biar dipecahkan sendiri. Selamat bermain!!

105 pemikiran pada “Harvest Moon

  1. Ping balik: Panduan Harvest Moon 2 GBC [Tips and Trik] | DennyPedia.com

Tinggalkan komentar